Senin, 09 Februari 2009

Jangan tunda nanti

Dear all friends …..

Sebelumnya gue harap semua yang baca maklum dengan bahasa yang gue pake karena rada aneh or rada seenaknya. Gue cuman mau apa gue sampaikan bener-bener nyampe messegenya dan bisa jadi contoh … cambuk … or apalah … agar lo lo orang gak menyia nyiakan sedetikpun waktu yang ada antara lo dengan orang-orang yang lo sayangin.

Gue sama sekali gak pernah menyangka bahwa tanggal 03 Mei 2005 bakal jadi hari tersedih dan termenyesal sepanjang gue hidup.

Seperti biasa, kalau tanggal-tanggal muda or habis gajian gitu, kita-kita anak nyokap selalu janjian ketemu dirumah nyokap. Seperti juga hari itu, kayak biasa, setiap hari Minggu gue selalu meluangkan waktu buat nengokin nyokap gue. Dan nyokap, yang kebetulan dah hampir sebulan gak ketemu adik gue, Hendar, minta gue buat telpon dan tanya kapan mau datang. Waktu itu anak gue baru mulai pintar bicara. Sangat pintar buat ukuran anak umur 3 tahun. Jadi dengan santainya gue minta anak gue itu yg bicara. Setelah tersambung, anak gue, Medwin, mulai berceloteh dan bertanya macam-macam, termasuk kapan Om mau datang ke rumah Nenek, jangan lupa bawa coklat dan lain sebagainya. Nyokap gue, waktu tahu gue menyuruh anak gue yg bicara, protes. Katanya “Hen, jangan Medwin lah yg ngomong …. Kamu aja …. Pastiin Hendar mau datang kapan, jam berapa dan mau dimasakain apa”. Gue cuma menjawab enteng “gak pa pa …. Ewin aja yang tanya ya ……”. Medwin waktu itu sangat antusias dan tanpa ragu menjawab dengan sangat jelas bahwa Om Hendar mau datang tanggal 5, jangan lupa masakin sayur asem, sambel terasi, ayam goreng, tahu tempe dan ikan asin. Menu Favorit. Nyokap tetap bersungut-sungut dan tetap minta gue telpon lagi dan bicara. Tapi gue tetap gak telpon.

Sampai akhirnya, waktu janjian kita dah tiba, tanggal 3 Mei 2005, hari Selasa. Gue ngantor seperti biasa, merasa bahwa hari itu akan baik-baik saja dan gak bakal ada kejadian special. Sesekali gue berharap Hendar bakal telpon ke HP gue buat sekedar say hi or sekedar janjian jam berapa kumpul di rumah nyokap. Beberapa kali HP gue bunyi … tapi ternyata bukan Hendar. Sampai akhirnya betul HP gw berbunyi dengan nama “hendar” tertera sebagai penelepon. Gue seneng bukan main ….. Seperti biasa … dengan gaya bercanda yang rada “kelewatan” gue angkat HP gue dan menyapa “halo …. Eh … monyet …. Jadi gak hari ini???? Jam berapa????” sepersekian detik …. Suara di seberang menjawab …. Tidak jelas …. Seperti gumaman …. “Halo ….. Hendar ……” ulang gue ….. dan ternyata yang menjawab bilang bahwa dia bukan Hendar “bukan Mba’ … aku Budi”. Dengan heran gue bertanya,,,, Budi siapakah yang bicara… yang ternyata adik ipar dari Hendar.

Siapa yang bicara dan mengapa Hp Hendar dipake Budi …. Gak bikin gue kaget sama sekali. Tapi …. Yang mengejutkan adalah ….. Budi menelepon untuk mengabarkan bahwa adik gue … Hendar …. Baru aja MENINGGAL KARENA KECELAKAAN …. . Tanggal 3 Mei 2005, jam 10.30 pagi, hari yang sebenarnya cerah banget …. Mendadak gelap,,,, tapi bukan karena mendung …. Jiwa gue kayak melayang gak tau kemana …. Tapi gue gak pingsan ….

Dengan hati yang shock, sedih dan terpukul … gue berusaha berfikir bagaimana cara gue buat menyampakain kabar itu ke nyokap dan saudara-saudara gue yang lain. Tapi,,,, akhirnya apa yang harus gue sampaikan bisa tersampaikan. Dan kami sekeluarga berbondong-bondong menuju Rumah Sakit Karawang … dan menemui Adik gue …. Hendar …. Dalam keadaan tak bernyawa dan mengenaskan.

Dada gue sesak …. Otak gue gak bisa mikir …. Gak tau harus gimana ….. gue gak rela adik gue meninggal ,,,, gue gak terima adik gue dikubur …. Gue gak rela …… Gue gak rela ….. karena gue sadar … gue udah menyia-nyiakan kesempatan gue berbincang-bincang dengan adik gue buat yang terakhir kalinya hari Minggu kemarin ….. gue udah menyepelekan kesempatan gue cuma buat sekedar tanya “apa kabar lo ….” Or “kemana aja lo ….” Yang secara gak langsung bisa jadi penyampaian rasa sayang gue sama Adik gue …… GUE NYESEL …….

Rasa sesal gue betul-betul memenuhi hati gue sampe gue sesak napas …. Bayangan wajah Hendar seakan-akan menempel dipelupuk mata gue dan gak mau hilang … bahkan saat gue memejamkan mata gue ….. Gue menangis sampai air mata gue gak bisa keluar lagi … tapi bayangan wajah Hendar tetap gak mau hilang ….

Tiga hari setelah meninggalnya Hendar …. Ternyata Tuhan masih berbaik hati sama gue …. Gue diberi kesempatan bertemu dengan Adik gue tersayang itu dalam mimpi …. Dia datang menghampiri gue dengan menggunakan seragam putih Angkatan Lautnya … pamit …. Bilang dia akan pergi untuk selamanya …. gue menangis dan teriak memintanya buat gak pergi … gue peluk Adik gue dengan erat sangat erat …. Hingga akhirnya sosoknya menguap seperti kabut …… mendadak hati gue yang tadinya sesak terasa kosong … hampa … Emang sih sesaknya hilang tp kok aneh…. Kayak ada sebagian dari isi hati gue yang terbang ….. Dan pada saat gue terbangun …. Perasaan yang gue rasain sama persis seperti itu …. Sedih …. Gue kembali menangis … tapi kali ini gue merasa bersyukur karena untuk terakhir kalinya gue bisa memeluk adik gue walaupun hanya dalam mimpi ….. Thank’s God for that …

So guys,,,, lo lo orang harus menjadikan kisah nyata gue ini pelajaran …. Bahwa jangan pernah lo sia-siakan kesempatan lo buat memberikan perhatian lo ke orang-orang yang lo anggap dekat. Karena lo gak akan pernah tau kapan Tuhan bakal memisahkan lo dengan mereka ….…. Dan lagi pula … lo gak akan kehilangan apapun dengan lo memunjukkan perhatian dan kasih sayang itu ke mereka …. Oke?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar