Senin, 09 Februari 2009

Kataku tentang kesuksesan

Jakarta, 08 Januari 2009

Dear friends….

Kemarin, salah seorang sahabatku bertanya padaku,”menurut kamu, sukses itu apa sih?”

Untuk beberapa saat lamanya aku berfikir, apa ya makna sukses buat aku?

Hidupku …. Amat kompleks. Banyak sekali content yang bekecamuk di dalamnya. Aku mencoba mencari clue atau petunjuk atas pertanyaan tersebut dengan berusaha melihat satu persatu isi di dalam hidupku. Mana ya yang sudah bisa dibilang sukses? Dan mana juga yang belum sukses dan ingin aku upayakan agar menjadi sukses?
Tapi kok …. Aku malah bingung ya? Batasan dan tolak ukurnya malahan jadi tidak jelas.

Sempat teringat kata-kata salah satu temanku yang baru aja mengikuti seminar motivasi, yang pembicaranya menyampaikan bahwa “sukses adalah hakku! Bukan Cuma hak segelintir orang kaya atau berpendidikan tinggi, tapi hak setiap orang!” REALLY INSPIRING, kan?
Tapi, kata-kata tersebut bukan merupakan jawaban dari pertanyaan temanku mengenai apakah SUKSES itu. Batasan dan tolak ukurnya tidak teridentifikasi. Bukan karena pernyataan tersebut salah. Melainkan karena, buatku, hal yang disampaikan terbut hanyalah untuk menyadarkan kepemilikan atas sukses. Sedangkan sukses itu sendiri, apa sih?

Satu jam, dua jam, tiga jam aku berfikir … apa sih sukses tersebut?
Lalu tiba-tiba …… muncul satu jawaban di otakku bahwa SUKSES = SETIAP SAAT MANAKALA AKU BISA MENJADI LEBIH BAIK DALAM HAL APAPUN.

Awalnya, itu Cuma sebuah kalimat, yang penggambarannya sendiri masih BIG QUESTION MARK alias TANDA TANYA BESAR buat otakku.

Sukses …. Adalah setiap saat manakala aku bisa menjadi lebih baik dalam hal apapun. Coba kuingat-ingat masa lalu sejenak …..
Dulu … aku bekerja dengan posisi bagus,,,, gaji yang lumayan,,, tapi aku tidak merasa sukses.
Dulu … aku pernah diberi kesempatan untuk mewakili perusahaan tempat aku bekerja untuk mengunjungi beberapa principal di luar negeri,,, tapi aku tidak merasa sukses.
Dulu … aku sempat jadi juara aerobic yang diselenggarakan oleh salah satu club kebugaran ,,, tapi aku juga tidak merasa sukses. Kenapa ya? Padahal kalau mau dipikir-pikir tolak ukurnya bisa dibilang ada.

Setelah beberapa saat menelaah …. Baru aku menyadari bahwa saat itu, saat aku mengalami pencapaian-pencapaian tersebut … aku tidak sadar bahwa ternyata sukses adalah sesuatu yang “tidak statis”. Sukses bukan merupakan penggalan-penggalan dari sebuah moment pencapaian tertentu. Melainkan sukses adalah sesuatu yang “berkembang”. Yang seiring dengan berjalannya waktu, setiap saat manakala aku bisa menjadi lebih baik tersebut tercapai, harus aku maknai sebagai sebuah kesuksesan. Lalu moment moment tersebut akan aku kumpulkan dan terus terakumulasi secara terus menerus.

Dan saat ini, bila ada yang bertanya “apakah aku merasa sukses?”
aku akan menjawab “IYA!”.
Karena aku telah sukses mengenali diriku sendiri, aku telah sukses menerima keadaan, aku telah sukses memahami kesalahan dan kekalahan, aku telah sukses menuangkan sebagian dari pikiran-pikiranku kedalam sebuah tulisan, dan aku telah sukses karena mampu memaknai setiap pencapaian ku menjadi lebih baik sebagai suatu kesuksesan.

Dan bila ada yang bertanya “apakan aku merasa gagal?”.
Aku akan menjawab “TIDAK PERNAH!”
Karena kegagalan hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor dari suatu proses menuju kesuksesan. Aku percaya sangat percaya, karena semua masalah dan persoalan, apapun itu, pasti akan menemukan pemecahannya. Dan pada moment itulah, suatu kesuksesan berhasil aku dapatkan. Karena itulah, kuanggap kegagalan hanya satu faktor saja dalam menuju kesuksesan.

Kesuksesanku, tak akan pernah bisa dihentikan oleh apapun, oleh siapapun. Hanya satu hal yang bisa menghentikannya. Yaitu …. WAKTU. Karena … tatkala jantungku telah berhenti berdetak, nafasku telah berhenti berhembus dan kedua mataku telah tertutup untuk selamanya, dan aku sudah tak mampu lagi memberi makna sukses dalam hidupku, maka saat itulah kesuksesanku terhenti.

Jadi bila hingga esok, lusa atau puluhan tahun yang akan dating, Tuhan masih memberiku nyawa, maka selama itu pulalah KESUKSESAN akan terus kuraih.

Semoga bermanfaat buat semua dan makasih buat Mas Doddy atas pertanyaannya

Me, who just realized the meaning of success for my own life
Henny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar